No images
Home Ilmu Komunikasi
Program Magister Ilmu Komunikasi PDF Print E-mail
Written by soklari   
Thursday, 03 July 2014 00:00

Konsentrasi:

  1. Komunikasi Bisnis
  2. Komunikasi Politik
  3. Komunikasi Dakwah

Program Pascasarjana (S2)
Universitas Islam Bandung
Jl. Purnawarman No. 59 Telp 022-4203368 Ext. 148-149 Fax. 4219134  Bandung  40116
Email:  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

PENDAHULUAN


Tantangan, tujuan sekaligus peluang bidang ilmu komunikasi di masyarakat semakin hari semakin tinggi tidak ada satu sektor pun dalam bidang kehidupan masyarakat yang tidak bersentuhan dengan komunikasi. Program aktifitas kebijakan aturan di bidang Ekonomi, politik, agama, hukum, kesehatan, sosial, budaya akan lebih efektif dan tertata secara profesional manakala sudah maknai sama (communess) oleh para stakeholdersnya. Untuk itu tenaga profesional di bidang komunikasi dengan kualifikasi magister saat ini lebih banyak diperlukan masyarakat. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Unisba mendirikan Magister Komunikasi Berdasarkan surat ijin penyelenggaraan Dirjen Dikti Diknas Nomor 2952/D/T/2003, tanggal 10 Oktober 2003, menyelenggarakan Program Magister Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, dan Komunikasi Dakwah.

TUJUAN


1) Menghasilkan insan akademik yang mempunyai kemampuan mengembangkan kompetensi keilmuan dan profesionalitas di bidang ilmu komunikasi.

2) Melahirkan ahli Komunikasi yang inovatif dan kreatif untuk mengisi kebutuhan di instansi-instansi pemerintahan maupun swasta.

3) Melahirkan konsultan dan peneliti yang menguasai ilmu komunikasi, baik secara teoritis maupun praktis.

4) Menghasilkan manajer Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik dan Komunikasi Dakwah yang menguasai keislaman dan keilmuan yang komprehensif dan integratif.

KOMPETENSI LULUSAN MAGISTER KOMUNIKASI


  • Konsentrasi Komunikasi Bisnis:

Menghasilkan magister yang mampu, cakap & mewakili wawasan teoritis serta  pengembangan keilmuan secara mandiri, selain itu profesional di bidang Komunikasi Bisnis diantaranya menguasai strategi dan dapat merancang mengelola, mengevaluasi Komunikasi pemasaran, Komunikasi Bisnis Internasional, Negosiasi Bisnis, Public Relations, Periklanan & Riset Pasar.

  • Konsentrasi Komunikasi Politik:

Menghasilkan Magister yang mampu, cakap & memiliki wawasan teoritis serta pengembangan ilmu Komunikasi Politik secara mandiri Profesional sebagai praktisi Komunikasi Politik terutama dalam menguasai  strategi kampanye politik, menggalang & mendeteksi opini publik, psikologi sosial, komunikasi dalam partai negosiasi & dialog politik, diplomasi publik dan sosialisasi kebijakan / platform organisasi.

  • Konsentrasi Komunikasi Dakwah:

Menghasilkan Magister yang mampu, cakap, memiliki wawasan teoritis serta pengembangan ilmu Komunikasi Dakwah secara mandiri, profesional sebagai praktisi Komunikasi Dakwah diantaranya menguasai strategi perencanaan & desain, pengelolaan dakwah serta dapat melakukan bimbingan & penyuluhan baik secara langsung maupun melalui media massa, selain itu mempu meneliti perkembangan dakwah & riset audiens serta mengembangkan organisasi dakwah.

PENGELOLA


Penganggung Jawab

:

Rektor Universitas Islam Bandung
Prof. Dr. dr., M.Thaufiq S. Boesoirie, MS., Sp THT KL(K).

Direktur

:

Prof. Dr. H. Dey Ravena, S.H., M.H

Asisten Direktur

:

Prof. Dr. Hj. Atie Rachmiatie, M.Si.

Ketua Prodi

:

Prof. Dr. Hj. Neni Yulianita, MS.

JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PROGRAM PASCASARJANA UNISBA

KEGIATAN

GELOMBANG II

GELOMBANG III

Pendaftaran

25 April s.d 3 Juli 2014

8 Juli sd 21 Agustus 2014

Seleksi

5 Juli 2014

23 Agustus 2014

Pengumuman Hasil Seleksi

7 Juli 2014

25 Agustus 2014

Registrasi

8 sd 25 Juli 2014

25 Agustus sd 2 September 2014

SYARAT PENDAFTARAN


  1. Berijazah S-1 semua Fakultas / Jurusan / Program Studi
  2. Mengisi/menyerahkan formulir pendaftaran
  3. Menyerahkan fotokopi ijazah S-1
  4. Menyerahkan transkrip nilai akademik S-1
  5. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 (3 lembar)
  6. Menyerahkan rekomendasi akademik dari dosen/pembimbing atau atasan calon mahasiswa.
  7. Menyerahkan makalah / proposal tentatif tesis minimal 2 atau 3 hlm.

 

PENDAFTARAN


  • Waktu pendaftaran setiap hari kerja mulai jam 08.30 s.d 16.00
  • Sekretariat pendaftaran di Jl. Purnawarman No. 59 Telp. 022-4203368 Ext 148-149. Fax. 4219134 Bandung 40116.

Kontak Person :

Soffi Sunnasah         : 081910102648

Hilda Ambarwati, SH : 08996027775

Soklari                    : pin BB 7cc755a7

BIAYA PENDIDIKAN


  • Biaya Pendaftaran Rp 300.000
  • Biaya Pendidikan :

SEMESTER

BIAYA

SEMESTER I

9.000.000.

SEMESTER II

6.500.000.

SEMESTER III

6.000.000.

SEMESTER IV

6.500.000.

JUMLAH

28.000.000.

 

 

 

 

Apabila melebihi 4 semester (2 tahun) dikenakan biaya herregistrasi

FASILITAS


  • Gedung Baru Pascasarjana UNISBA (4 lantai) Jl. Purnawarman No. 59 Bandung
  • Ruang ber-AC model meeting, perpustakaan, internet

GELAR AKADEMIK


Gelar Akademik untuk Program Studi Ilmu Komunikasi adalah Magister Sains, disingkat (M.Si.)

MATA KULIAH


Daftar Mata Kuliah Magister Ilmu Komunikasi

NO.

MATA KULIAH

S

K

S

KONSENTRASI - KOMUNIKASI

Bisnis

Politik

Dakwah

1.

Komunikasi dalam Perspektif Islam

3

v

v

v

2.

Perspektif Psikologi Komunikasi

3

v

v

v

3.

Metodologi Penelitian Komunikasi

3

v

v

v

4.

Filsafat & Etika Komunikasi

3

v

v

v

5.

Perkembangan Teori Komunikasi

3

v

v

v

6.

Komunikasi Antar Pribadi

2

v

v

v

7.

Komunikasi Dalam Konteks Organisasi

2

v

v

v

8.

Dinamika Media Massa dan Masyarakat

2

v

v

v

9.

Perspektif Sosiologi Komunikasi

2

v

v

v

10.

Manajemen dan Etika Komunikasi Bisnis

3

v

11.

Manajemen dan Etika Komunikasi Politik

3

v

12.

Manajemen dan Etika Komunikasi Dakwah

3

v

13.

Komunikasi Pemasaran terpadu

2

v

14.

Negosiasi & Presentasi

2

v

15.

Strategi Perencanaan Media Bisnis

2

v

16.

Budaya Komunikasi Bisnis

v

17.

Marketing Public Relations

2

v

18

Manajemen Reputasi

19.

Media & Komunikasi Politik

2

 

v

20.

Kampanye dan Pemasaran Politik

2

 

v

21.

Budaya Komunikasi Politik

2

 

v

22.

Partai Politik dan Opini Publik

2

 

v

23.

Dakwah sebagai Profesi

2

 

 

v

24.

Retorika/Publik Speaking

2

 

 

v

25.

Strategi & Perencanaan Media Dakwah

2

 

 

v

26.

Ayat dan Hadits Komunikasi Dakwah
2

 

 

v

27.

Proposal Penelitian

1

v

v v

28.

Tesis

6

v

v v

JUMLAH

41

41

41

Dosen Pengajar Program Studi Magister Studi Ilmu Komunikasi antara lain :

· Prof. Dr. Hj. Atie Rachmiatie, Dra., M.Si.

· Prof. Dr. Hj. Neni Yulianita, Dra., M.S.

· Prof. Dr. Hj. Nina Sam, Dra., M.S.

· Prof. Dr. Hj. Mien S. Hidayat,Dra., M.S

· Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D

· Prof. Dr. Engkus Kuswarno, Drs.,M.Si.

· Prof. Yosi Adiwisastra, M.A.Ph.D

· Prof. Dr. Harsono Suwardi, M.A.

· Prof. Sasa Djuarsa S, M.A., Ph.D

· Prof. Dr. Asep Saeful Muhtadi. Drs. M.Si.

· Prof. Dr. Karim Suryadi, Drs. M.Si.

· Dr. Yusuf Hamdan, Drs.,M.Si

· Dr. Ane Ratnasari, Dra.,M.Si.

· Dr. O. Hasbiansyah, Drs., M.Si.

· Dr. H. Azis Taufik Hirzi, Drs., M.Si.

· Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si

· Dr. Dedeh Fardiah, Dra., M.Si.

· Dr. Rini Rinawati, Dra., M.Si.

· Dr. Bambang Saeful Maarif, Drs. M.Si

· Dr. Udung Noor Rosyad, Drs.,M.Si.,MM.

· Dr. H. Aam Amirudin, Lc. Drs.M.Si.

· Dr. Wakhudin., Drs.,M.Pd.

Last Updated on Monday, 07 July 2014 08:23
 
Banner