PANDUAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL “SCIENTICA”  

Oleh admin pada 09/04/2016


 

  1. Artikel harus orisinil, berupa hasil penelitian lapangan atau hasil pemikiran konseptual, yang berkaitan dengan sosial dan humaniora. Belum pernah dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah manapun.
  2. Artikel diketik dengan spasi ganda pada kertas A4 dengan menggunakan program pengolah kata MS Word for Windows, huruf “Times New Roman” 12 font, rata kiri, tanpa pemenggalan kata (hard-hyphenation ). Panjang tulisan 000 – 5.500 kata (± 15 sd 20 halaman)
  3. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa inggris, sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa yang berlaku.
  4. Judul artikel ditulis spesifik dan efektif, tidak lebih dari 11 kata.
  5. Identitas penulis dituliskan nama lengkap dan tidak mencantumkan gelar. Alamat afilias/institusi dan alamat email penulis.
  6. Artikel dilengkapi dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan Indonesia (dua bahasa), berisi 100 sd 130 kata, disertai kata kunci 3 sd 5 kata.
  7. Sistematika artrikel berikut : Pendahuluan (latar belakang, identifikasi masalah dan tujuan penulisan), Pembahasan dan Penutup(simpulan dan saran/rekomendasi), dan Daftar Pustaka.
  8. Penulis menyertakan curriculum vitae (CV) yang berisi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lembaga atau alamat pribadi untuk berkorespondensi (nama jalan, kota, kode pos, email telepon, dan faksimili)
  9. Setiap kutipan harus menyebutkan sumber pustaka yang termutakhir (5 tahun terakhir) secara lengkap (sebanyak 50 % dari daftar pustaka yang dikutip) dan ditulis dengan sistem running note.
  10. Daftar Pustaka disusun dengan sistem Harvard, menggunakan huruf alfabetis.
  11. Penulisan Tabel
  • Tabel diberikan nomor (1, 2, dan seterusnya) sesuai urutan dalam main text. Setiap Tabel diberi judul pendek yang menjelaskan keterkaitan isi dalam main text, dan dituliskan pada atas tabel dengan Bold.
  1. Penulisan gambar : setiap ilustrasi, apakah berbentuk diagram atau foto dapat dimasukkan dalam gambar dan diberi nomor berurutan (1, 2 etc). Setiap gambar diberi judul pendek yang menjelaskan keterkaitan isi dalam main text, dan dituliskan pada bagian bawah diagram atau foto dengan huruf miring/italic.
  2. Tulisan dikirim ke sekretariat. Tulisan yang dikirim ke redaksi harus sudah sesuai dengan pedoman penulisan jurnal ini.
  3. Redaksi berhak mengedit artikel tanpa mengubah substansi dan pokok pikiran penulisannya. Redaksi juga tidak akan mengembalikan artikel yang tidak dimuat.
  4. Tulisan dikirim ke Redaksi berupa hard copy dan soft copy. Hard copy dikirim ke Sekretariat “SCIENTICA” Program Pascasarjana Unisba, Jl. Purnawarman No. 59 Bandung kode pos 40116 soft copy melalui email ke unisba@gmail.com, pascasarjana@unisba.ac.id atau berupa cd.

 

Ketua Redaksi,

Prof. Dr. Hj. Neni Sri Imaniyati, SH.,MH.