Sejarah Pascasarjana UNISBA

 

Berdasarkan Keputusan Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 235/Dikti/Kep/1998 tanggal 09 Juli 1998, Universitas Islam Bandung (UNISBA) diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Program Magister (S2) Ilmu Hukum. Persaingan untuk memperoleh kesempatan studi tingkat magister di bidang Ilmu Hukum, nampak semakin ketat.

Sementara itu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program tersebut, tergolong masih langka. Atas dasar itu, kami hadir memberikan alternatif bagi anda yang telah berpendidikan S1 (semua jurusan), untuk melanjutkan studi ke Program S2 bidang Ilmu Hukum dengan konsentrasi Hukum Islam dan Hukum Pidana. Sementara itu mulai tahun akademik 2001/2002, dibuka konsentrasi Hukum Administrasi Negara (HAN) dengan kekhususan Otonomi Daerah. Di samping itu, Berdasarkan Keputusan. Dirjen Binbaga Islam No.E/335/99 tanggal 20 Oktober 1999, juga telah dibuka Program Magister Ilmu Agama Islam dengan konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Kini, telah dibuka juga Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi dengan izin penyelenggara, nomor 2952/D/T/2003, tanggal 10 Oktober 2003 dan saat ini telah mendapatkan akreditasi C. Pada tahun 2006 telah dibuka Program Studi Doktor Ilmu Hukum dengan nilai Akreditasi B berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor :024/BAN-PT/Ak-X/S3/I/2012 dan Program Studi Magister Profesi Psikologi dengan ijin  penyelenggaraan nomor :786T/2001 dan yang terakhir dibuka Program Magister Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik dan konsentrasi Komunikasi Dakwah.

Beberapa tahun kemudian lahir Magister Manajemen konsentrasi Manajemen Rumah Sakit dan Magister Ilmu Hukum konsentrasi Hukum Kesehatan.