Detail Cantuman Kembali
PENGARUH KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK RAWAT JALAN ANAK RUMAH SAKIT SANTO BORROMEUS
Salah satu syarat yang paling penting dalam pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang bermutu. Suatu pelayanan dikatakan bermutu apabila memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien berarti terpenuhinya kebutuhan yang diinginkan oleh pasien dengan kebutuhan yang diperoleh dari dokter, dan salah satunya adalah komunikasi dokter.rn Tujuan penelitian adalah untukmenganalisis 1) Pelaksanaan komunikasi dokter-pasien di Bagian Klinik Rawat Jalan Anak RS Santo Borromeus. 2) Kepuasan pasien di Bagian Klinik Rawat Jalan Anak RS Santo Borromeus. 3) Pengaruh komunikasi dokter-pasien terhadap kepuasan pasien di Bagian Klinik Rawat Jalan Anak RS Santo Borromeus. rn Tipe penelitian ini adalah jenis deskriptif dan verifikatif dengan metode explanatory survey (eksplanasi teruji), berdesain penelitian cross sectional dalam rancangan studi komperatif. Pengambilan sampel menggunakan metode Quota sampling dengan jumlah responden 112 orang yang kesemuanya memenuhi kriteria inklusi, kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tanggapan responden terhadap komunikasi dokter-pasien di Klinik Rawat Jalan Anak RS Santo Borromeus didapatkan skor total 4.916, yaitu masuk dalam Kategori Tinggi 2) Tanggapan responden terhadap Kepuasan Pasiendi Klinik Rawat Jalan Anak RS Santo Borromeus didapatkan skor total 2.166, yaitu masuk dalam Kategori Tinggi 3) Pelaksanaan Komunikasi Dokter-Pasien secara simultan dan parsial berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Rawat Jalan RS Santo Borromeus, yaitu dengan a) Uji Significant Simultan (Uji F) didapat nilai Signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, b) Uji Signifikan Parsial (Uji-t), dengan Nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05, c) Hasil Uji Regresi linier sederhana, terdapat hubungan linier yang ditunjukkan adalah Ŷ = 1,669 + 0,165 X.rn rnrnKata kunci : komunikasi dokter-pasien, kepuasan pasien.rn
Retno Dewi Tanujoyo - Pemb: Dr. Tasya Aspiranti, SE., M.Si - Personal Name
Dr. Agus H. Rahim, dr., Sp.OT(K)-Spine. M.Epid., FICS.,MH.Kes - Personal Name
Dr. Agus H. Rahim, dr., Sp.OT(K)-Spine. M.Epid., FICS.,MH.Kes - Personal Name
Tesis
364.24 TAN p
364.24
Buku Teks
Indonesia
Universitas Islam Bandung
2013
Bandung
xvi, 156 hlm, 21 x 29,5 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...