Detail Cantuman Kembali
MANAJERIAL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOVING CLASS DI SMKN 1 KOTA SUKABUMI
MANAJERIAL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOVING CLASS DI SMKN 1 KOTA SUKABUMIrnrnPembelajaran PAI pada umumnya dilaksanakan dengan cara konvensional. Perlu inovasi yang dilakukan sekolah dan guru dalam mengelola kelas agar pembelajaran PAI makin efektif. Salah satunya dengan penyelenggaraan proses pembelajaran dengan kelas berpindah (moving class). Dengan dilaksanakannya moving class, diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Kota Sukabumi.rnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Moving Class di SMKN 1 Kota Sukabumi.rnMetode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden dan literatur/ buku rujukan (dokumen) yang relevan. Responden penelitian ini adalah Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru PAI SMKN 1 Kota Sukabumi dan siswa. Adapun dokumen yang digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen profil SMKN 1 Kota Sukabumi, Pedoman Petunjuk Teknis Pembelajaran dengan Moving Class SMKN 1 Kota Sukabumi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan setudi dokumentasi.rnHasil penelitian menunjukkan kesimpulan, yaitu: pertama, Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Moving Class di SMKN 1 Kota Sukabumi telah dilakukan dengan baik dan sesuai konsep perencanaan dalam manajemen. Hal ini terlihat dari aktivitas rapat di awal tahun pelajaran, melibatkan semua pihak, dilakukan melalui rapat dan bermusyawarah, disosialisasikan, pembahasannya berkaitan dengan tujuan apa yang ingin dicapai, siapa yang melakukan, kapan dilaksanakan, berapa biaya yang dibutuhkan, kondisi yang menunjang pencapaian tujuan. Kedua, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Moving Class di SMKN 1 Kota Sukabumi telah memenuhi aspek standar pelaksanaan yang ditetapkan pemerintah, yaitu: a) menyusun RPP dan mengkaji silabus; b) dibentuk tim yang terdiri dari Penanggung Jawab Akademik, TIM Pengembang TIK dan TIM Pengelola moving class; c) tersedianya gedung dan fasilitas pendukung; d) adanya jadwal pelajaran, jadwal peralihan siswa pada setiap pergantian jam pelajaran. Ketiga, Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Moving Class di SMKN 1 Kota Sukabumi telah memenuhi persyaratan evaluasi, yaitu adanya evaluasi, prosedur, tahapan evaluasi, waktu pelaksanaan, pelaku evaluasi, penetapan tujuan dilakukan evaluasi, tindak lanjut setelah evaluasi. Dalam hal ini, evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Moving Class di SMKN 1 Kota Sukabumi dilakukan dengan tujuan mengukur keberhasilan yang telah dilakukan, dilakukan secara periodik oleh semua pihak (Kepala, guru dan orang tua murid), prosedurnya melalui mekanisme penilaian sehari-hari dan disampaikan pada kegiatan rapat. Program tindak lanjut dilakukan sebagai bahan kelanjutan evaluasi untuk lahirnya kebijakan baru dan pertimbangan untuk tersusunnya program yang akan datang. rnrnKata Kunci: Manajerial, Pembelajaran, Moving Class, Pendidikan Agama Islam rnrnrnrnrn
TESIS
375 NUR m
375
Buku Teks
Indonesia
Universitas Islam Bandung
2015
Bandung
vii, 155 hlm, 21 x 29,5 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...