Konsentrasi :
- Manajemen Pendidikan Islam
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Anak Usia Dini
Konsentrasi :
Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dan sebagai dinamisator masyarakat itu sendiri. Sesuai dengan sunnatullah, masyarakat akan terus berubah dengan membawa nilai-nilai baru, terlebih lagi di era globalisasi yang sarat dengan nuansa kompetitif, orientasi mutu, keterbukaan dan jaringan kerjasama. Untuk menghadapi kondisi seperti ini sangat dibutuhkan system pendidikan yang handal.
Kini keberpihakan pemerintah terhadap pendidikan semakin besar, antara lain tampak dengan lahirnya UU RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, PP RI no.19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan UU RI No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Salah satu aspek yang belum optimal, namun sangat strategis dalam menigkatkan mutu SDM pendidikan adalah aspek manajemen pendidikan. Kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai aspek ini tengah dirasakan dewasa ini oleh para stakeholders di bidang pendidikan, pengelola/praktisi pendidikan, kepala sekolah dan guru.
Untuk merespon kondisi tersebut, sejak tahun 1999 program Pascasarjana Unisba telah berpartisipasi dalam pengembangan SDM bidang pendidikan dengan membuka Program Magister Pendidikan Islam dengan keputusan Dirjen Binbaga Islam No. E/335/99 tanggal 20 Oktober 1999.
Tahun 2019 Magister Pendidikan Islam telah terkareditasi A – SK BAN-PT No : 2083/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2019
VISI
Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Islam terbaik pilihan umat dalam mengembangkan ilmu dan Sumber Daya Manusia dalam bidang pendidikan di tingkat ASEAN.
MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara tertib sistematis, dengan menjungjung tinggi etika akademik, berdasar pada dan bertolak dari kurikulum yang integrated, dan melaksanakan pengelolaan secara manjemen yang profesional, dalam kerangka menghasilkan lulusan yang berkarakter 3M (Mujahid, Mujtahid, dan Mujaddid) yang tentu mampu bersaing di arena global (ASEAN).
2. Menghasilkan penelitian sebagai karya ilmiah yang berkontribusi kepada pengembangan Pendidikan dan Ilmu Pendidikan dan menjadi masukan bagi penyelenggara pendidikan sehingga melahirkan lulusan yang kreatif, innovatif, progresif, dan dinamis.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang aktual di masyarakat.
Perkuliahan dengan sistem caturwulan dan proses pembimbingan bersifat progresif (terjadwal)
Khusus untuk peserta rombongan minimal 20 peserta, jadwal dapat diatur oleh peserta dan hal lainnya dapat dibicarakan lebih lanjut.
KETENTUAN DAN PENJELASAN :
4. Seminar Artikel :
* Seminar yang diselenggarakan oleh program studi bagi mahasiswa yang telah ujian naskah disertasi (sidang tertutup) bagi mahasiswa Program Doktor dan sesudah seminar hasil
penelitian bagi Program Magister.
5. Ketentuan Seminar Artikel
*Forum bersifat terbuka dan dihadiri oleh mahasiswa dan dipimpin oleh pembimbing
Staf Pengajar
Program Studi Magister Pendidikan Islam
Antara Lain :
1. Prof. Dr. K. H. Miftah Faridl
2. Prof. Dr. H. Dey Ravena, SH., MH.
3. Prof. Dr. H. M. Abdurrahman, M.A.
4. Prof. Dr. H. Toto Tohir, SH., MH.
5. Prof. Dr. Muhardi, SE., M.Si.
6. Prof. Dr. H. Rachmat Syafe’i, MA.
7. Prof. Dr. H. Ahmad Tafsir
8. Prof. Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd.
9. Dr. H. Irfan Safrudin, M.Ag.
10. Dr. Hj. Rodliyah Khuza’i, M.Ag.
11. Dr. Nan Rahminawati, M.Pd.
12. Dr. H. Wildan Yahya, M.Pd
13. Dr. Hj. Erhamwilda, M.Pd.
14. Dr. Masnipal, M.Pd
15. Dr. H. Dedih Surana, Drs., M.Ag.
16. Dr. Alhamuddin, M.M.Pd.
17. Dr. Helmi Azis, S.Pd.I., M.Pd.I.
18. Dr. Mubiar Agustin, M.Pd.
19. H. Aep Saepudin, Drs., M.Ag.
20. H. Agus Halimi, Drs., M.Ag.
21. Sobar Al Ghazal, Drs., M.Pd.
22. Enoh, Drs., M.Ag.
23. H. Ikin Asikin, Drs., M.Ag.
24. A. Mujahid Rasyid, Drs., M.Ag.
25. Asep Dudi, S.Ag., M.Pd.